BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Sebagai
salah satu Negara yang sedang berkembang Indonesia terus meningkatkan kegiatan
yang menitik beratkan pada bidang kesehatan.Salah satu kegiatan yang dilakukan
yaitu upaya penyehatan pada lingkungan.Hal ini dimaksudkan agar masyarakat
terhindar dari adanya kesakitan dan penularan penyakit.
Peningkatan
penyehatan dan pemeliharaan lingkungan yang menjadi prioritas utama, yaitu
tempat atau prasarana pelayanan umum.Ini dikarenakan tempat-tempat
umum/prasarana pelayanan umum merupakan tempat bertemunya segala macam
masyarakat dengan segala penyakit yang dipunyai oleh masyarakat tersebut.Oleh
sebab itu, maka tempat umum/prasarana merupakan tempat menyebarnya segala
penyakit.Dengan demikian maka sanitasi tempat-tempat umum harus memenuhi
syarat-syarat kesehatan dalam arti melindungi, memelihara, dan mempertinggi
derajat kesehatan masyarakat.
Jenis
sarana tempat-tempat umum sangat beragam salah satunya dalam sektor
transportasi adalah bandara.Bandara merupakan sarana dan prasarana tempat umum
yang menyediakan jasa penerbangan yang didalamnya terdapat pengangkutan orang
maupun barang dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat.
Samarinda
merupakan Ibu Kota Kalimantan Timur yang perlu didukung dengan adanya tempat
umum/prasarana umum yang memadai terutama pada sector transportasi.Prasarana
transportasi yang telah disediakan di Kota Samarinda salah satunya yaitu Bandar
Udara (Bandara).
Bandara
di kota Samarinda memiliki nama Bandara Temindung. Bandara Temindung terletak
ditengah-tengah kota Samarinda sehingga sangat mudah diakses masyarakat.
Bandara ini mulai didirikan pada tahun 1973 dengan panjang dan lebar landasan
pacu 1040 X 23 M. (Profil Bandara Temindung).
Aktivitas
Bandar Temindung terbilang cukup padat karena Bandara ini merupakan bandara
satu-satunya yang dimiliki kota Samarinda dan melayani penerbangan antar kota
di Kalimantan Timur. Tingginya penggunaan Bandara ini dapat terlihat dari angka
arus penerbangan di Bandara Temindung yang setiap tahunnya terus
meningkat.Rata-rata pengangkutan penumpang perhari di bandara ini 172
orang/hari. Dari data dan penjelasan tersebut maka bandara perlu mendapat pengawasan
dan pemantauan serta wajib dilakukan penyehatan lingkungan, agar dalam proses
kegiatan penerbangan merasa aman dan nyaman serta terhindar dari resiko
terjadinya penyakit yang disebabkan oleh lingkungan.
B. TUJUAN
1.
Tujuan Umum
Mahasiswa
dapat mengetahui kondisi fasilitas sanitasi
yang ada dibandara temindung samarinda pada tahun 2012.
2.
Tujuan Khusus
a.
Untuk mengetahui keadaan penyehatan
lingkungan luar,
b.
Untuk mengetahui penyehatan ruang dan
bangunan,
c.
Untuk mengetahui fasilitas-fasilitas
sanitasi,
d.
Untuk mengetahui kenyamanan dan keselamatan, dan
e.
Untuk mengetahui penyehatan makanan dan
minuman.
C. MANFAAT
1.
Bagi program penyehatan tempat-tempat umum ini dapat dijadikan bahan masukan dan
informasi tentang sanitasi pada bandara Temindung.
2.
Bagi kami hasil ini dapat dijadikan
pengalaman praktek dilapangan dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan
sanitasi tempat-tempat umum tentang kondisi bandara.
3.
instansi pendidikan, praktek ini dapat dijadikan bahan pustaka untuk
lanjutan mengenai penyehatan tempat-tempat umum.
4.
merupakan sumber informasi yang
diharapkan dapat member masukan terhadap kami selanjutnya
5.
Bahan informasi mengenai kondisi dan sanitasi di bandara.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A. PENGERTIAN BANDAR UDARA
1.
Bandar Udara (bandara) adalah lapangan
terbang yang digunakan untuk mendarat dan lepas landas pesawat udara, naik
turun penumpang,dan bongkar muat kargo atau pos, serta dilengkapi dengan
fasilitas keselamatan penerbangan dan sebagai tempat perpindahan antar
transportasi.
2.
Fungsi Bandar Udara(bandara) adalah
merupakan tempat lepas landas, mendarat pesawat udara, dan pengerakkan didarat
pesawat udara. Disamping itu bandara merupakan simpul dari sistem transportasi
udara.
B. PENGERTIAN
SANITASI TEMPAT-TEMPAT UMUM
a.
Sanitasi adalah upaya yang dilakukan
untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan. Menurut
WHO sanitasi adalah usaha untuk mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang
berpengaruh kepada manusia, terutama terhadap hal-hal yang mempunyai efek
perkembangan fisik, kesehatan dan kelangsungan hidup.
b.
Tempat-tempat umum/bangunan umum adalah
tempat atau alat yang dipergunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan
kegiatannya secara waktu tertentu maupun secara terus menerus.
c.
Sanitasi tempat-tempat umum adalah
segala usaha yang dilakukan untuk mengawasi faktor-faktor lingkungan di dalam
tempat-tempat umum untuk mengendalikan dan memutuskan mata rantai penularan
penyakit guna mempertinggi derajat kesehatan.
C. PENYEHATAN
BANDARA
Penyehatan
bandara adalah upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang
memenuhi persyaratan kesehatan sehingga terhindar dari kesakitan dan penularan
penyakit. Dalam upaya penyehatan bandara menurut Dirjen PPM & PL
(Direktorat Jendral Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan)
Tahun 1999 meliputi :
1.
Penyehatan Lingkungan Luar/bangunan Luar
a.
Lokasi
Lokasi bandara harus terhindar dari
pencemaran kimia, fisik dan bakteri.Bandara juga harus terletak di daerah bebas
banjir.
b.
Lingkungan di luar bangunann
Keadaan lingkungan luar bandara harus
bersih, tidak memungkinkan untuk menjadi tempat berkembang biak bintang
pengganggu dan mampu mencegah masuknya bintang pengganggu.
c.
Tempat/halaman parkir kendaraan
Halaman parkir bandara harus bersih,
rata/tidak bergelombang, kuat, kedap air, tidak becek, dan tidak berdebu.
d.
Pagar tembok
Di bandara harus terdapat pagar
tembok pembatas yang jelas dan pagar tersebut harus bersih dan terpelihara.
e.
Kualitas udara
Kadar debu di sekitar lingkungan
bandara maksimal 0,26mg/m3 udara dan tingkat kebisingan maksimal 70 dBA(≤70 dBA)
2.
Penyehatan lingkungan dalam/ruangan dan
bangunan
a.
Emplacement/ dermaga/tempat
pemberangkatan/tempat kedatangan
1.
Tempat pemberangkatan dan tempat
kedatangan harus bersih, lantai kedap, rata dan tidak licin.
b.
Ruang tunggu
1.
Lantai
Lantai
pada ruang tunggu harus kuat, bersih, kedap air, rata, tidak licin dan mudah
dibersihkan.
2.
Dinding dan langit-langit
Dinding
dan langit-langit ruang tunggu harus bersih, berwarna terang, mudah
dibersihkan, bebas bercak/noda dan bebas sarang laba-laba.
3.
Tempat duduk
Tempat
duduk pada ruang tunggu harus kuat, bersih, bebas dari serangga.
4.
Tempat sampah
Di
dalam ruang tunggu harus tersedia tempat sampah minimal I buah pada radius 10
meter.Tempat sampah tersebut harus terbuat dari bahan yang kuat, kedap air,
ringan dan dilengkapi penutup.
5.
Kualitas udara ruang tunggu
Pencahayaan
di dalam ruang tunggu harus lebih dari 100 Lux (≥100 Lux), udara ruangan tidak
berbau dan pengap, tingkat kebisingannya harus kurang dari 55 Dba (<55 dBA).
c.
Ruang kantor
1.
Lantai
Keadaan
lantai ruang kantor harus kuat, bersih, kedap air, rata, tidak licin dan mudah
dibersihkan.
2.
Tempat duduk
Tempat
duduk pada ruang kantor harus kuat, bersih, dan bebas kutu busuk.
3.
Tempat sampah
Dalam
ruang kantor harus tersedia minimal 1 buah tempat sampah pada radius 10 meter.
Tempat sampah terbuat dari bahan yang kuat, kedap air, ringan dan dilengkapi
dengan penutup.
3.
Fasilitas Sanitasi
a.
Penyediaan air bersih
Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat
penting dalan proses penyehatan bandara maka air harus tersedia dengan kapasitas yang cukup untuk setiap
kegiatan dan kualitas fisik air harus dalam keadaan baik. Kualitas air bersih
di bandara di periksa ke lab. secara periodik.
b.
Toilet
ketersediaan
toilet di bandara minimal 2 toilet dan keadaanya harus bersih, tidak berbau
serta dihubungkan dengan sistem pengolahan limbah/IPAL atau septictank.
c.
Tempat sampah diruangan terbuka
Tempat
sampah disekitar bandara harus tersedia dengan jumlah yang cukup minimal 1 buah
dalam radius 20 meter.Tempat sampah harus dalam keadaan baik, terbuat dari
bahan yang kuat, anti karat, ringan, mudah dibersihkan dan dilengkapi penutup.
d.
Tempat penampungan sampah sementara
Tempat
penampungan sampah sementara harus terletak pada lokasi yang mudah terjangkau
petugas, tempat sampah tidak permanen, tersedia air pembersih yang cukup untuk
membersihkan tempat sampah, keadaan disektar tempat sampah harus bersih, tidak
becek/tidak lembab dan kedap air. Tempat sampah tidak menjadi tempat berkembang
biaknya serangga dan tikus, pengangkutan sampah minimal kuarang dari 3 hari
sekali.
e.
Saluran air hujan
Saluran
air hujan di bandara harus kedap air, air harus mengalir dengan lancar dan
saluran tidak berbau.
4.
Keamanan dan Keselamatan
a.
Pencahayaan
Pencahayaan
yang menunjang pada saat aktivitas minimal lebih dari 100 lux (≥100 Lux).
b.
Kebisingan
Tingkat kebisingan harus kurang
dari 55dBA (<55 dBA) agar tidak mengganggu aktivitas dan tidak menimbulkan
gangguan kesehatan.
c.
Ventilasi
Keadaan ventilasi tidak berbau (NH3
dan H2S)
dan sirkulasi udara cukup baik.
d.
Alat pemadam kebakaran
Alat
pemadam kebakaran harus tersedia dengan jumlah yang cukup, diletakkan pada
lokasi yang mudah dijangkau oleh petugas, dilengkapi dengan petunjuk penggunaan
yang jelas dan selalu diperiksa secara periodic oleh dinas pemadam kebakaran.
e.
Kotak P3K
Dibandara
harus tersedia kotak P3K dan berisi obat-obatan yang keadaannya masih baik.
5.
Penyehatan makanan
a.
Penjamah makanan
Para
penjamah makanan di bandara harus memenuhi persyaratan seperti tidak mempunyai
penyakit kulit, mata dan ISPA.Penjamah makanan harus berprilaku sehat,
berpakaian utuh dan tidak sobek.
b.
Bahan makanan mentah
Bahan makanan mentah yang ingin di olah
harus dalam keadaan baik dan segar serta disimpan pada tempat yang bersih dan
sehat.
c.
Makanan jadi
Makanan
jadi di bandara harus dalam keadaan baik dan sehat, tidak ditempatkan pada
wadah yang terbuat dari bahan logam beracun (Cd, Pb, Cu, dan lainnya) serta
disimpan pada tempat yang bebas debu, kotoran dan gangguan serangga.
d.
Peralatan makan dan minum
Peralatan makan dan minum harus dalam
keadaan bersih dan tidak retak/gopel/pecah serta peralatan disimpan pada tempat
yang bebas dari pencemar.
BAB III
PELAKSANAAN
KEGIATAN
Waktu pelaksanaan kegiatan pada
tanggal 03 Desember 2012, hari senin pukul 08.00-10.00 Wita
.
B.
TEMPAT
Tempat pelaksanaan kegiatan insfeksi
sanitasi di Bandara Temindung jalan Pipit, Samarinda.
C. NAMA
KELOMPOK
Nama-nama
kelompok yang melakukan praktek sanitasi di Bandara Temindung, adalahsebagai berikut
:
1.
Dwi
Riska Utari
2.
Laila
Maidzar R
3.
Nurhalifah
4.
Saidillah
5.
Sri
Eliana
6.
Undang
Trisnadi
SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
BalasHapusDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<
Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D
BalasHapus